IGOS Nusantara IGN

Salah satu distro Linux di Indonesia adalah IGOS Nusantara atau disingkat IGN, lebih lengkapnya Indonesia Go Open Source Nusantara. IGN adalah sistem operasi legal tanpa harus membayar lisensi, dapat digunakan oleh siapa saja dan bagi yang berminat mengembangkan sudah ada wadah tersendiri yang secara konsisten sejak tahun 2006 melakukan perbaikan dan pembaruan. IGOS Nusantara merupakan turunan dari Fedora yang berbasis Red Hat Package Manager (RPM).

IGOS Nusantara

IGOS Nusantara

Kenyamanan bagi pengguna sangat diperhatikan, IGN menawarkan desktop environment (DE) yang beraneka ragam. Desktop environment (DE) mudahnya adalah tampilan grafis dari komputer pada umumnya, kebalikan dari command-line interface dengan perintah khusus untuk menjalankan aplikasi tertentu lebih banyak dijumpai pada komputer server.

DE pada IGOS Nusantara Desktop 9 versi Release Candidate 3 atau IGN D9 RC3 diantaranya ada Cinnamon, EDE, Enlightenment, GNOME3, KDE, LXDE, Mate, OpenBox, WindowMaker, dan XFCE.

Aplikasi yang sudah terpasang pun juga sangat banyak. Semua yang biasa digunakan sudah disediakan siap untuk digunakan. Suara dan video, grafik, software perkantoran atau office , internet serta masih banyak lagi.

IGOS Nusantara menggunakan bahasa Indonesia, ini sangat bagus terutama bagi pengguna Linux baru atau yang sedang pada masa transisi karena akan mudah beradaptasi. Pada saat tulisan ini dibuat, IGOS Nusantara telah memposting  Desktop 9 versi Release Candidate 4 atau IGN D9 RC4.

Nah, demikian saya sedikit berbagi mengenai IGOS Nusantara semoga bermanfaat. Saya juga sedang belajar mengoprasikan IGN ini sembari saya tulis apa yang dipelajari agar mudah ingat dan cepat bisa.

Info lebih lanjut kunjungi situs resminya IGOS Nusantara

Baca ini juga: